Beberapa Fungsi dari Quick access toolbar

Quick access toolbar fitur yang tersedia pada Microsoft yang berupa tools untuk perintah tertentu. Fungsi dari Quick access toolbar ini akan memudahkan pengguna Microsoft dalam mengelola file yang dimilikinya.

Hal ini berhubungan dengan penyimpanan file, pengubahan file, atau hal lain yang dapat diakses secara mudah dan singkat. Sehingga pengguna tidak perlu melakukan beberapa tahapan dalam pengelolaan file.

Fitur ini terletak di sebelah kiri dari Microsoft dengan ikon berukuran kecil. Pada Quick access toolbar ini terdapat beberapa fitur yang memiliki fungsi yang berbeda-beda. Apa sajakah jenis dan fungsi dari fitur tersebut? Simak penjelasan berikut ini.

Apa Sajakah Fungsi dari Quick access toolbar?

apa sajakah fungsi dari quick access toolbar?

Beberapa fitur yang terdapat pada Quick access toolbar, diantaranya :

1. New

Tombol atau fitur new pada Microsoft dapat dimanfaatkan untuk proses membuka halaman baru dalam waktu yang singkat. Pengguna hanya perlu menekan ikon berbentuk halaman kertas kemudian akan muncul halaman baru.

Namun, apabila pada halaman Microsoft bagian kiri atas tidak terdapat ikon tersebut. Anda bisa memunculkannya dengan cara meng-klik tanda panah yang mengarah ke bawah lalu memiliki opsi new.

Maka iko tersebut akan muncul dan dapat memudahkan Anda dalam membuka halaman baru baik itu pada Microsoft word, excel, maupun power point.

2. Open

Tidak hanya fitur new, salah satu fungsi dari quick accees toolbar adalah ikon untuk membuka file yang telah disimpan sebelumnya. Umumnya, ketika pengguna ingi membuka sebuah file maka akan langkah yang dilakukan adalah membuka pada folder file.

Namun, terdapat langkah yang lebih cepat dan efektif untuk dilakukan ketika Anda membuka Microsoft word, power point, ataupun excel. Dan pada saat itu pula, Anda ingin membuka file yang telah disimpan sebelumnya.

Maka, Anda bisa meng-klik open folder dengan ikon folder penyimpanan file di bagian kiri atas. Setelah itu, Anda hanya perlu memilih file yang ingin Anda buka. Dengan begitu, fitur pada quick access ini memudahkan dan mempercepat waktu kerja Anda.

Namun, pada tampilan awal Microsoft umumnya ikon ini tidak dimunculkan secara otomatis. Sehingga Anda perlu mengubah pengaturan dengan cara menekan ikon tanda panah ke bawah dan memilih open unutk memunculkan ikon tersebut pada halaman Microsoft.

3. Save

Save merupakan salah satu fitur pada Quick access toolbar yang dimanfaatkan untuk penyimpanan file pada folder penyimpanan dengan mudah dalam waktu yang singkat. Umumnya, untuk menyimpan file maka diperlukan beberapa langkah untuk melakukannya.

Yaitu dengan menekan tulisan “file” lalu save as kemudian barulah pengguna dapat memberikan nama file. Dan memilih penyimpanan file dalam bentuk file tertentu kemudian barulan tekon tombol save.

Namun, jika Anda menggunakan ikon save pada Quick access toolbar yang berada di bagian kiri atas. Maka langkah yang diperlukan hanya dengan menekan ikon save yang dilambangkan dengan persegi berwana biru dan putih.

Dan langkah selanjutnya adalah sama dengan proses penyimpanan file seperti pada umumnya. Selain kemudahan dan kecepatan dari penggunaan Quick access toolbar ini, Anda juga bisa memanfaatkannya ketika keyboard pada laptop yang Anda gunakan bermasalah.

Sehingga adanya fitur ini diharapkan dapat membantu proses kerja yang Anda lakukan dalam mengolah file dalam bentuk apapun dengan mudah, cepat, dan efektif.

4. Email

Fungsi dari Quick access toolbar selanjutnya adalah fitur yang langsung mengarahkan pada pegiriman file melalui email. Dengan begitu Anda tidak perlu membuka email terlebih dahulu secara individu.

Anda cukup menekan ikon email pada Quick access toolbar dan akan diarahkan pada halaman email. Untuk memaksimalkan penggunaan fitur ini Anda perlu masuk terlebih dahulu pada akun email di laptop yang akan menghubungkannya dengan Microsoft.

5. Print preview and print

Print preview and print merupakan salah satu fitur dari Quick access toolbar yang akan mengarahkan halam Microsoft pada proses pencetakan file. Sebenarnya, langkat print file pada Microsoft hanya perlu dilakukan dengan beberapa langkah.

Yakni dengan menekan ikon dengan tulisan “file” kemudian pilih print barulah halaman untuk pecetakan file akan muncul.namun, apabila Anda memanfaatkan ikon ini, maka Anda hanya perlu menekan iko tersebut.

Kemudian akan diarahkan pada halaman pencetak file sehingga langkah ini akan lebih cepat dilakukan daripada langkah manual.

6. Undo

Apabila seserang melakukan proses pengetikan menggunakan mesin ketik. Maka ketika terjadi kesalahan pada pengetikan tersebut haruslah dilakukan pengetikan ulang. Namun seiring bertambahnya waktu.

Kecanggihan dari teknologi pun semakin maju hingga memunculkan benda yang mudah dibawa kemanapun dan dimanapun yakni berupa laptop ataupun smarthphone. Pada benda canggih tersebut terdapat fitur pengetikan file.

Dan pada fitur pengetikan tersebut masih terdapat beberapa ikon yang dapat digunakan untuk mengolah file mulai dari pengeditan hingga penympanan dan pencetakan. Pada pengeditan file terdapat ikon undo yang berfungsi untuk memperbaiki tulisan atau hasil ketik.

Hal itu dilakukan dengan cara kembali pada proses pengetikan sebelumnya. Sehingga ketika terdapat kesalahan pada pengetikan maka Anda tidak perlu mengetik ulang. Anda hanya perlu menekan ikon tanda panah ke kiri menuju bawah.

Ikon tersebut memberikan perintah untuk kembali pada pengetikan sebelumnya untuk menghindari kesalahan ketik.

7. Redo

Tidak hanya undo, fungsi dari Quick access toolbar ini juga dapat berupa membatalkan proses undo. Fungsi ini dimakan redo yang berungsi ketika Anda merasa terdapat kesalahan dan menekan ikon undo. Namun, ternyata tulisan yang Anda hasilkan adalah benar.

Maka Anda dapat mengembalikan perubahan atau membatalkan proses undo dengan cara menekan ikon redo. Dengan begitu, adanya ikon perintah pada Quick access toolbar ini sangat berperan penting dalam pengelolaan file.

Namun, penggunaan ikon undo dan redo ini tidak akan berfungsi apabila file yang Anda ketik telah tersimpan.

8. Open recent file

Sebenarnya, fungsi dari open recent file dengan ikon open memiliki kesamaan yaitu digunakan untuk membuka file yang telah tersimpan sebelumnya dalam waktu yang singkat. Namun, pada open recent file, pembukaan file dikhususka pada filefile yang sering dibuka.

Sehingga ketika Anda menekan ikon tersebut, maka filefile yang tersedia adalah file yang sering Anda buka atau file yang baru saja dibuka.

9. Spelling and grammar

Spelling and grammar menjadi salah satu fungsi dari Quick access toolbar yang dapat dimanfaatkan untuk melakukan pengecakan terhadap pengejaan dan grammar dari suatu kata. Sehingga Anda hanya perlu menekan ikon dengan lambang centang dan huruf untuk memeriksa ejaan.

Dengan adanya uraian tersebut diharapkan Anda mengetahui fungsi dari Quick access toolbar dalam pengelolaan file seperti pengeditan, penyimpanan, pembukaan file baru ataupun file yang telah tersimpan sebelumnya dalam waktu yang cepat dan langkah yang singkat.

Share with love
Default image
admin